meme, sebagai fenomena di sosial media





















 


 

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul "Individu, Keluarga dan Masyarakat". Tugas makalah ini dibuat guna untuk memenuhi nilai tugas dalam mata kuliah Ilmu Sosial Dasar pada Fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi Universitas Gunadarma.    
Dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna, masih banyak kekurangan dalam berbagai sudut pandang, mohon kritikan dan saran  yang membangun agar pembuatan makala untuk kedepannya bisa lebih baik lagi.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.








               
Jakarta,09 november  2015


Alfan fikri kurnia



DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
1.1Latar belakang…………………………………………………………1-2
1.2Tujuan penulisan…………………………………………………………2
1.3Sasaran…………………………………………………………………2-3
BAB II. PEMBAHASAN
2.1 Pengertian ……………………………………………………………….4
2.2 Jenis-jenis meme………………………………………………………...5
2.3 pengaruh meme bagi kehidupan sosial………………………………5-6
2.7 Analisis SWOT………………………………………………………..6-7
BAB III. KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1Kesimpulan ……………………………………………………………8
3.2Rekomendasi ………………………………………………………….8-9
3.3 Referensi………………………………………………………………10

 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Media massa berkembang seiring dengan berjalannya peradaban manusia, dan turut mendorong perkembangan kehidupan manusia sampai pada saat ini melalui berbagai macam media komunikasi. Perkembangan media massa mampu mengubah masyarakat lokal menjadi masyarakat dunia global yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi, transportasi serta teknologi yang begitu cepat dan besar yang sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan. Perkembangan media massa saat ini memberikan banyak pilihan kepada konsumen dalam mengkonsumsi media. Selain sumber informasi, media massa juga dijadikan untuk memenuhi kebutuhan hiburan bagi masyarakat. Tetapi, media massa seperti surat kabar, radio, dan televisi tidak lagi menjadi pilihan utama untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Perlahan-lahan surat kabar, radio dan televisi tersebut mulai tergeser sejak berkembang pesatnya teknologi internet, yang disebut sebagai media baru. Kehadiran internet telah memberi pengaruh cukup besar terhadap cara orang mendapatkan informasi, pengetahuan, hingga hiburan.
Media dan teknologi baru telah memberikan cara baru bagi kita untuk memperoleh informasi dan gagasan, cara baru untuk berinteraksi dengan teman dan orang asing, dan cara baru untuk mempelajari dunia, identitas kita dan masa depan.  Melalui media baru, media sosial diperkenalkan. Media sosial adalah adalah sebuah media online, dan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, media sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Media sosial nampaknya menjadi prioritas baru dalam perkembangan media dunia. Media sosial ini juga menyita perhatian masyarakat Indonesia.
Meme adalah sebuah fenomena baru dalam dunia maya yang berbentuk ide yang tertuang dalam bentuk gambar, teks bergambar, video atau hanya sekedar kata atau ungkapan bahkan orang dan biasanya tercipta saat seseorang membuat atau mengunggah sesuatu di internet, dan menyebar secara luas. Meme dengan sangat cepat dapat menyebar melalui jaringan komunikasi dan secara tatap muka antar manusia. Khalayak cenderung menyebarkan gagasan yang terdapat meme atau membuat sesuatu yang serupa. Gagasan yang terdapat dalam sebuah meme dapat berupa kegiatan, kejadian, atau tuntutan yang menarik. Karena sifat menarik tersebut meme dengan sangat mudah menyebar di dunia virtual. Siapa saja dapat membuat meme. Gambar meme tersebut kemudian diunggah ke media sosial, seperti Instagram misalnya. Ketika meme tersebut sudah tersebar di dunia maya, siapapun dapat mengunggah ulang. 
Setiap gambar meme mengandung pesan tertentu, yang biasanya bersifat menghibur. Pengguna mengunggah gambar meme ke dalam media sosial Instagram bertujuan untuk  menyampaikan pesan yang terdapat dalam gambar meme tersebut kepada pengguna lain dengan harapan pengguna lain puas akan pesan hiburan yang disampaikan. Pengguna Instagram bisa saja menggunakan gambar meme sebagai pemuas kebutuhan, tergantung dengan kebutuhan masingmasing individu. Tetapi, kepuasan setiap individu dalam menggunakan gambar meme berbeda-beda. Bisa saja terjadi perbedaan tingkat kepuasan atas pesan yang disampaikan melalui gambar tersebut, disebabkan oleh berbagai macam faktor tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini menarik bagi peneliti untuk diteliti dan diketahui.
1.2  Tujuan penulisan
1.      Untuk mengetahui motif penggunaan gambar meme di kalangan masyarakat indonesia.
2.      Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar meme dalam media sosial Instagram terhadap kepuasan masyarakat Indonesia.
3.      Untuk memberitahu kepada semua masyarakat bahwa meme membawa dampak yang buruk juga demikian. 

1.3  Sasaran
1.      Pelajar
Bagi para pelajar harus memahami bahwa meme tidak sembarang dibuat dengan sesukanya.

2.      Pemerintah
Pemerintah seharusnya lebih melakukan ketegasan yang maksimal terhadap pelaku. Memberikan hukuman sesuai aturan, memberikan mereka jera.

3.      Masyarakat
Masyarakat harusnya lebih memerhatikaan penduduknya, dalam arti setiap pihak berwenang seperti rt/rw atau petugas lainnya harus memerhatikan setiap dalam warga yang tinggal didalam daerah tersebut















BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian
Apa itu meme? Kamus Merriam-Webster mendefinisikannya sebagai “sebuah ide, kebiasaan atau gaya yang menyebar dari orang ke orang dalam suatu budaya”. Istilah meme sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli biologi asal Britania Raya, Richard Dawkins. Akar katanya berasal dari bahasa Yunani, yakni mimesis, yang berarti tiruan. Dawkins memaknai meme sebagai suatu unit informasi budaya (berupa pemikiran, ide, gagasan, kebiasaan, lagu) yang membentuk pola-pola kebudayaan tertentu. Ia menganalogikan meme dengan gen, gen seperti yang ada di tubuh manusia. Oleh karena meme dianalogikan sebagai gen, maka dapat kita ketahui bahwa meme memiliki ciri serupa dengan gen. Dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene dijelaskan jika gen berkembang biak dalam kolam gen dengan meloncat dari tubuh ke tubuh melalui sperma dan sel telur, maka meme berkembang biak dalam kolam meme dengan meloncat dari otak ke otak melalui suatu proses, yang dalam pengertian luas, disebut imitasi (Dawkins, 2006). Dengan logika yang lebih sederhana, dapat kita pahami bahwa penyebaran atau pengembangbiakan meme dilakukan dengan cara replikasi dari meme-meme yang sudah ada. Artinya, meme terus menerus melakukan replikasi melalui suatu kebiasaan atau gagasan tertentu sehingga menjadi pola yang berulang-ulang dan pada akhirnya membentuk sebuah pola kebudayaan dalam skala besar. Akan tetapi, sifat dari meme ini tidak hanya mereplikasi, meme juga mengalami proses evolusi atau perubahan dari waktu ke waktu, dan bersamaan dengan itu meme juga berusaha untuk bertahan dari pengaruh meme-meme yang baru (survive).Teknologi informasi nampaknya terus mendorong kreator untuk terus memproduksi meme baru, sehingga meme lama akan terus tergantikan dengan meme-meme yang baru tersebut, dan hanya sedikit saja yang bisa bertahan. Dengan kata lain proses evolusi dan geliat visual yang dialami oleh internet meme ini berjalan dengan sangat cepat. Jadi, ketika siapa saja bicara tentang sesuatu yang sedang viral di internet, menurut Dawkins, itu bisa disebut meme.

2.2  Jenis – jenis meme
 Ada beberapa jenis meme yang lagi ngetrend di kalangan anak muda sekarang, yaitu :
1.         Meme Sindiran
Meme ini biasanya digunakan untuk menyindir seseorang dengan ciri khas tertentu (Sifat, fisik, dsb) bisa dibilang meme ini cukup populer dikalangan remaja.
2.    Meme Percintaan
                   Meme yang biasanya menggambarkan kegalauan para remaja ataupun remaja yang sedang berpacaran. Akhir-akhir ini banyak sekali cerita humor percintaan remaja yang di share di beberapa situs internet dengan tujuan dapat dijadikan hiburan untuk sejenak melepas beban berat pekerjaan maupun persoalan lainnya. Di zaman yang serba modern ini justru tingkat stres manusia semakin tinggi terutama orang-orang yang hidup di kota besar. Maka dari itu, cerita cinta lucu bisa menjadi salah satu hiburan atau guyonan yang dapat merelaksasikan otak yang lagi penuh beban.
3.    Meme Motivasi
                               Meme ini punya tujuan mulia, yaitu memotivasi orang mengenai hal-hal positif yang sebaiknya kita jalani dalam hidup.
4.    Meme Joke
                   Meme yang satu ini banyak diminati kalangan anak muda masa kini. Meme ini biasanya berisikan kumpulan gambar - gambar kocak yang dapat menghibur dan menghilangkan stress sejenak. Selain gambar gambar yang kocak editannya pun disertai dengan tulisan tulisan yang konyol yang membuat kita tertawa.
5.    Meme Politik
                               Meme ini khusus membahas tentang politik, namun tetap didalamnya juga terdapat unsur komedi yang pastinya menghibur.

2.3 pengaruh meme bagi kehidupan sosial
       Sebagai masyarakat yang hidup di era globalisasi, sudah selayaknya manusia selalu mengasah kepekaan terhadap kehidupan sosial di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. Internet meme merupakan media alternatif yang dapat digunakan untuk mengasah kepekaan terhadap sekitar. Banyak internet meme yang mengandung pesan moral yang kadang diabaikan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan lebih selektif dan teliti dalam memanfaatkan media sosial.             
       Kehadiran internet meme membuat masyarakat lebih mudah dalam memahami suatu informasi. Hal ini terjadi karena media penyampaian informasi lewat internet meme lebih menarik dan menghibur. Topik yang diangkat dalam internet meme adalah seputar kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat melatih kepekaan manusia terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, internet meme menjadikan manusia lebih jeli dan peduli terhadap sesama. Melalui internet meme, manusia juga dapat mengekspresikan apa yang sedang dirasakan.
       Meskipun penciptaannya memerlukan daya kreativitas, internet meme lebih dimaknai sebagai proses komunikasi,  bukan proses berkarya seni.  Tingginya tingkat ketertarikan masyarakat terhadap internet meme membawa dampak positif terhadap para kreator internet meme. Apabila sebuah karya meme mendapat apresiasi yang baik oleh masyarakat, kreator tentu akan bangga dan memperoleh kepuasan tersendiri.
       Hal tersebut tidak hanya terjadi pada kreatornya saja. Penikmat meme akan merasa tertarik jika suatu fenomena sosial yang dibahas dalam sebuah meme adalah penggambaran keadaannya sendiri. Hal tersebut menimbulkan kesadaran bahwa bukan hanya dirinya yang mengalami hal serupa. 
2.7 Analisis SWOT paedofil
A.     Kekuatan ( strength)
A.    Dengan melihat objek secara langsung maupun tidak langsung, dia mulai terinspirasi.
B.     Mencari sebuah info atau narasumber yang menjadi sumber kuncinya.
C.     Sebuah awal hanya sengaja/iseng menjadi sebuah inspirasinya.
D.    Jiwa humor yang tinggi membuatnya lebih mudah membuat meme tersebut.
B.     Kelemahan (weakness)
A.    Sulitnya mencari sebuah tokoh atau seseorang yang akan ia jadikan sebagai bahan tertawa.
B.     Hanya sosial media yang menjadi kunci pembuat meme.
C.     Harus merangkai sebuah kata – kata yang semenarik mungkin.
D.    Tidak bisa membuat semua orang merasa terhibur dengan meme yang dibuat.
C.     Peluang (opportunity)
A.    Merasa terhibur dengan dirinya sendiri.
B.     Aksinya kemungkinan akan berhasil
C.     Kepuasan dirinya atas perbuatan yang dilakukan.
D.    Tidak memperdulikan orang lain yang mengkritiknya.
D.    Tantangan/hambatan (threats)
A.    Ditangkap polisi / dipenjarakan
B.     Dipukuli masyarakat yang merasa tidak senang dengan perbuatannya.
C.     Slalu menghapi berbagai masalah melalui sosial media.
D.    Merasa tiap harinya menjadi sebuah beban yang tidak bisa dilupakan.












BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1  KESIMPULAN
Sebagai masyarakat yang hidup di era globalisasi, sudah selayaknya manusia selalu mengasah kepekaan terhadap kehidupan sosial di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. Internet meme merupakan media alternatif yang dapat digunakan untuk mengasah kepekaan terhadap sekitar. Banyak internet meme yang mengandung pesan moral yang kadang diabaikan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan lebih selektif dan teliti dalam memanfaatkan media sosial.
Ilustrasi meme bermanfaat sebagai ilustrasi yang bertujuan untuk menghibur. Dalam dunia desain komunikasi visual, ilustrasi ini juga dapat digunakan untuk bercerita (komik) maupun menuangkan ekspresi seseorang terhadap suatu hal seperti kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, sindiran untuk kalangan tertentu (sindiran politik, sosial, budaya, dan lain-lain) sebagai visual.


     3.2 REKOMENDASI
A.     Dengan mencari info seorang yang akan menjadi bahaan humornya, maka secara logika harus melihat karakter orang tersebut, maka dari itu berpikirlah membuat meme yang baik yang memotivasikan seseorang.
B.     Sebuah kata- kata atau ucapan baiknya dilanturkan dengan sopan, baik melalui sosial media maaupun langsung.
C.     Terhibur boleh saja jika kalau sedang merasa sedang mood tidak bagus, tapi tidaklah harus hiburan dengan melihat orang lain merasa tercela, jadi carilah hiburan yang membuat anda merasa mendapat sebuah kesenangan.
D.    Bisa saja para pelaku ditangkap oleh pihak yang berwenang karena perbuatannnya, hanya dengan kata-kata yang candaan, malah menjadi sebuah malapetaka bagi para si pembuat meme. Maka dari itu jadi para sipembuat meme, buatlah meme yang menurut anda sopan, dan juga mendidik, agar menjadi sebuah motivasi bagus bagi para pembaca di sosial media. 

3.3 REFERENSI
Rohim, H. Saiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprapto, Tommy. 2005. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Cangara. H. Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

http://erpandsima.blogspot.co.id/2015/04/fenomena-meme-di-media-sosial-dan.html

Komentar

Postingan Populer