SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI



Sejarah perkembangan system/ teknologi informasi
·       Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Masa Prasejarah
Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakuin manusia fungsinya yaitu sama sebagai pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk dapat informasinya yang didapat, mereka gambar di dinding-dinding guwa tentang berburu dan binatang buruannya.
Pada zaman prasejarah  sudah mulai buat dan pakai alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan adanya bahaya.
2. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
a.       Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg kembangin mesin cetak pakai plat huruf yang terbuat dari besi dan bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b.      Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer pertama di dunia. Ia kerja sama dengan Charles Babbage pakai mesin analytical yang mampu memasukkan data, mengolah data, dan hasil bentuk keluarannya seperti sebuah kartu.
c.       Tahun 1837

Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel Morse ngembangin telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse pakai kode-kode berupa pesan-pesan yang ingin dikirim pakai pulsa listrik melalui kabel tunggal.
d.      Tahun 1877
Pada 1877, Alexander Graham Bell nyiptain dan ngembangin telepon yang digunain pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem panggilan telepon mulai pakai nomor yang mengganti sistem pemanggilan nama. ini untuk mencegah operator yang tidak kenal semua pelanggan.

Kartu Perforasi
e.       Sekarang
pertumbuhan internet sangat  cepat dan mulai masuk ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan jadi bagian yang tidak dapat dipisah dari manusia. Mungkin semakin lama dan semakin cepat penemuan teknologi cepat juga ngebuat manusia yang sekarang merasa ketergantungan dan ingin selalu gunain teknologi.

·       Perkembangan Komputer


Generasi Pertama (1940-1956)
Pada generasi pertama dari komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama pakai tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori.
Generasi Kedua (1964-1971)
Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai dikenali, contohnya COBOL dan Fortran. penyimpanan memorinya juga berubah dari drum magnetik jadi teknologi magnetik.
Generasi Ketiga (1964-1971)
Selama masa ini, mouse dan keyboard mulai dikenali, generasi ketiga juga udah dilengkapi dengan sistem operasi.
Generasi Keempat (1971-sekarang)
Di masa ini prosesor mikro mulai dikenalin, Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (pc) mulai digunain. Dengan teknologi yang sangat maju, generasi keempat jadi awal berkembangnya internet.
Generasi kelima (sekarang-masa depan)
Komputer generasi kelima ini  dibangun teknologi kecerdasan buatan, dan masih tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sering digunain yaitu teknologi pengenal suara. Tujuan dari generasi baru adalah untuk makin berkembangnya perangkat yang merespon bahasa manusia.

·       Perangkat computer




 Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:

1). Sistem operasi

ialah sekumpulan beberapa program pengendalian komputer yang dibuat pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja dari hardware (perangkat keras) yang mereka miliki. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS.

2). Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang manfaatin kemampuan komputer langsung untuk ngelakuin suatu tugas yang diinginkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedain dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedain dengan perangkat lunak (software) yang menyediai instruksi untuk perangkat keras dalam selesaikan tugas tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:

1). Keyboard

Keyboard fungsinya memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lain sesuai yang diinginkan, seperti menyimpan file dan membuka file.

2). Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk pindahini pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, bias juga sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.



3). Processor
Processor disebut juga otak dari komputer makin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer.

4). Motherboard
Motherboard adalah gabungan elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan mobo.Motherboard yang banyak ditemui dam diketahui saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang fungsinya untuk baca dan nulis data. Dengan adanya RAM, kita bisa jalanin 2 aktifitas sekaligus dalam komputer, yaitu nulis dan baca data.

6). Monitor 
Monitor berupa Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masuk. memiliki berbagai ukuran layar seperti sebuah televisi.

7). Harddisk
Harddisk adalah sebuah gabungan perangkat keras yang nyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

 

·       Manfaat Teknologi Informasi

Dukungan dalam Pembelajaran
Salah satu manfaat teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai dukungan dalam pembelajaran. Seperti pembahasan di atas, TIK diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar. Dengan ini TIK menjadi salah satu pelajaran yang penting, karena teringat teknologi yang makin lama makin maju. Dengan begitu orang tidak buta akan teknologi yang ada, karena sudah diajarinn sejak kecil.

Kemudahan dalam Berkomunikasi
komunikasi jarak jauh juga merupakan manfaat adanya TIK. Setiap orang dapat komunikasinya secara tidak langsung dengan memakai E-Mail, komunikasi melalui chatting dengan memanfaatkan sosial media yang ada, ataupun dengan lihat muka secara langsung melalui video call. Dengan begitu seseorang yang ada di luar daerah atau luar negeri dapat komunikasi dengan adanya teknologi informasi komunikasi.
Membantu Pekerjaan Manusia Lebih Mudah
Dengan menggunakan teknologi informasi, pekerjaan manusia akan lebih mudah dan cepat. Misal saja seseorang jaman dahulu yang membuat suatu kerjaan dengan menggunakan mesin ketik, maka perlu waktu yang cukup lama, lain halnya sekarang udah pakai komputer dan juga printer yang jadi sebuah pekerjaan lebih cepat dan efektif.
Perkembangan perangkat keras dan lunak
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini fungsinya sebagai media untuk masukin data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna untuk hasil informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunain personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang saling berhubungan dengan user (pengguna) dengan komputer.
·         Peratalan input langsung, yaitu input yang masuk langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
·         Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang harus lalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
2. Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
Lower supplay sedia arus listrik untuk berbagai peralatan CPU, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay biasanya nentuin kwalitas kerja komputer. 


RAM (Random Access Memory) – Memory


RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat simpan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan data-data penting yg dibutuhkan Processor cepat untuk diolah jadi informasi.


Prosesor (unit pemprosesan)


Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah disebut dengan otak dari komputer.

Motherboard (unit pemprosesan)


Motherboard atau Papan induk adalah tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain saling terhubung.


 


3. control CPU  (Central Prosesing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua fungsi operasinya, yaitu :
·         ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan
·         CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage), Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan ambil perintah dari Program-storage untuk ditampung ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang isinya perintah tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register).
4. Penyimpanan
Alat Simpan atau storage device adalah perangkat keras yang gunanya untuk simpan data. simpanan sendiri dibagi menjadi primer dan sekunder, penyimpanan primer itu adalah RAM (memory utama) yang menguap. simpanan kedua adalah simpanan permanen yang tidak menguap. Kapasitas dari penyimpanan bisa diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte dan terabyte. File dikategorikan sebagai program file atau data file yang diubah menjadi master file atau transaksi file.
  • Contoh alat simpan :
1. Hardisk
     Hardisk (Cakram keras) yang biasa disingkat  HDD atau hard drive yang disingkat HD adalah sebuah gabungan perangkat keras yang nyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama kali oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956.
2. Flasdisk
     USB Flashdisk atau yang lebih sering di sebut flashdisk adalah alat penyimpan data memori yang memiliki alat penghubung USB. Flashdisk biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas  penyimpanan data  sebuah flashdisk cukup besar mulai dari ratusan megabyte  hingga beberapa gygabyte yaitu dari  64 megabita sampai 512 gigabita.
3. Disket
     Disket merupakan media Simpan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, Cuma 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
3. Output device ( Unit keluaran )
Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output. Output devide berfungsi untuk menampilkan output sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), atau berupa suara.
  • Peralatan output dapat berupa :
·  Hard-copy device, yaitu alat yang untuk cetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
·  Soft-copy device, yaitu alat yang untuk memunculkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  • Contoh alat output :
1. Monitor
     Monitor atau yang biasa disebut juga screen atau display adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi nampilin perintah, video dan informasi grafis yang dihasil dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card) maupun hasil pengolahan data secara langsung di dalam layar monitor.
2. Printer
     Printer adalah alat untuk mencetak hasil data. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.
3. Proyektor LCD
     Proyektor LCD adalah alat yang fungsinya nampilin objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok.
4. Speaker
     Speaker ( pengeras suara ) adalah alat output audio, berfungsi mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer yaitu transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.



b. pemahaman komponen perangkat lunak
- evolusi perangkat lunak
Tahun-tahun pertama

- Batch orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpul dalam satuan waktu tertentu atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah Online atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah dapat data yang selalu up to date.
- Limmited distribution 
penyebaran softwarenya yang terbatas pada perusahaan tertentu.
- Custom software
Software yang dikembangin berdasarkan keinginan perusahaan-perusahaan.


Era kedua
- Multi user
Sistem di mana satu komputer digunain oleh beberapa user pada saat yang sama.
- Real time
sistem yang dikumpul , analisa data dari berbagi sumber, mengontrol proses dan menghasilkan  output dalam mili second.
- Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpanan data yang online menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (Data Base Management System).
- Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.


Era Ketiga
- Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memilki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
- Embedded Intelegence
Suatu product yang diberi tambahan "Intellegence" dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot dan lain-lain
- Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
- Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.




Era Keempat
- Expert system
Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi dan lain-lain,
- AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
- Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN pararel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.

·        Klasifikasi Perangkat Lunak ( Software)


Perangkat lunak atau software dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu:

  • Sistem Operasi (Operating System)
  • Program Aplikasi (Application Programs)
  • Bahasa Pemrograman(Programming Language)
  • Program Bantu(Utility)
  1. Sisitem Operasi ( Operating System)
    Sistem opersi yaitu program yang berfungsi untuk mengendali sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
  • Menyimapan program dan aksesnya.
  • Membagi tugas didalam CPU.
  • Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
  • Merekam sumber-sumbeer data.
  • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan menadapatkan data.
  • Memeriksa kesalahan sistem.
  • Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
     2.  Program Aplikasi (Aplicaton Programs)

   Proram aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, pengolah lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.


    3. Bahasa Pemrograman (Programing Utility)

    Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunain untuk negebaca instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:
  • Bahasa tingkat rendah (Low Level Language) 
          Bahasa ini di sebut juga bahsa mesin (Assembler), dimana pengkodean bahasanya pakai kode angka 0 dan 1.
  • Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)
       Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
  • Bahasa generasi keempat (4 GL)
          Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.

     4. Program Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
·        Perangkat lunak aplikasi

     
    Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembanganya pemrooses kata, tbel dan database saat ini telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan diberikan pada pelatihan ini . Contoh aplikasi office yaitu  Microsoft Office  yang terdiri atas Word Proce. yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian Real Player yang dapat digunain untuk nonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunain adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi sifatnya khusus, antara lain untuk membantu pekerjaan engineer seperti  AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).ssor (pemroses kata), Excel  (pemroses tabel), Access (database), dan Power Point  (Presentasi). Hal yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk mutar musik yang formatnya MP3 atau CD Audio, kemudian Real Player yang bisa digunain untuk nonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang sifatnya khusus itu diantaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti  AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis. Dan aplikasi internal itu biasa dibilang juga dengan namanya inti atau otak sebuah dari sebuah berjalannya sebuah program, dengan adanya aplikasi internal ini yaitu bisa membantu proses dalam penyimpanan,atau history yang telah dijalankan sebelumnya.






























Komentar

Postingan Populer