SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM / TEKNOLOGI INFORMASI
Sejarah perkembangan system/
teknologi informasi
· Sejarah Perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi
1.
Masa Prasejarah
Pada
zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakuin manusia fungsinya
yaitu sama sebagai pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk dapat
informasinya yang didapat, mereka gambar di dinding-dinding guwa tentang berburu
dan binatang buruannya.
Pada
zaman prasejarah sudah mulai buat dan
pakai alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet
yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi
peringatan adanya bahaya.
2.
Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
a.
Tahun 1455
Pada
1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg kembangin mesin cetak pakai
plat huruf yang terbuat dari besi dan bisa diganti-ganti dalam bingkai yang
terbuat dari kayu.
b.
Tahun 1830
Augusta Lady Byron
menulis program komputer pertama di dunia. Ia kerja sama dengan Charles
Babbage pakai mesin analytical yang mampu memasukkan data, mengolah
data, dan hasil bentuk keluarannya seperti sebuah kartu.
c.
Tahun 1837
Telegraf dan Penemunya (Samuel
Morse)
Samuel
Morse ngembangin telegraf dan bahasa kode
morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse
pakai kode-kode berupa pesan-pesan yang ingin dikirim pakai pulsa listrik
melalui kabel tunggal.
d.
Tahun 1877
Pada
1877, Alexander Graham Bell nyiptain dan ngembangin telepon yang
digunain pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem panggilan telepon mulai
pakai nomor yang mengganti sistem pemanggilan nama. ini untuk mencegah operator
yang tidak kenal semua pelanggan.
Kartu Perforasi
e.
Sekarang
pertumbuhan
internet sangat cepat dan mulai masuk ke
dalam berbagai segi kehidupan manusia dan jadi bagian yang tidak dapat dipisah
dari manusia. Mungkin semakin lama dan semakin cepat penemuan teknologi cepat
juga ngebuat manusia yang sekarang merasa ketergantungan dan ingin selalu
gunain teknologi.
· Perkembangan Komputer
Generasi Pertama (1940-1956)
Pada
generasi pertama dari komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama
pakai tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori.
Generasi Kedua (1964-1971)
Di generasi
kedua ini, bahasa pemograman mulai dikenali, contohnya COBOL dan Fortran.
penyimpanan memorinya juga berubah dari drum magnetik jadi teknologi magnetik.
Generasi Ketiga (1964-1971)
Selama masa
ini, mouse dan keyboard mulai dikenali, generasi ketiga juga udah dilengkapi
dengan sistem operasi.
Generasi Keempat (1971-sekarang)
Di masa ini
prosesor mikro mulai dikenalin, Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi
otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer
(pc) mulai digunain. Dengan teknologi yang sangat maju, generasi keempat jadi awal
berkembangnya internet.
Generasi kelima (sekarang-masa
depan)
Komputer
generasi kelima ini dibangun teknologi
kecerdasan buatan, dan masih tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sering
digunain yaitu teknologi pengenal suara. Tujuan dari generasi baru adalah untuk
makin berkembangnya perangkat yang merespon bahasa manusia.
·
Perangkat computer
Perangkat lunak adalah data yang
diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat
digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1). Sistem operasi
ialah sekumpulan beberapa program
pengendalian komputer yang dibuat pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk
dan cara kerja dari hardware (perangkat keras) yang mereka miliki. Sistem
operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS.
2). Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah
perangkat lunak komputer yang manfaatin kemampuan komputer langsung untuk
ngelakuin suatu tugas yang diinginkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak
aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Perangkat keras komputer adalah
semua bagian fisik komputer, dan dibedain dengan data yang berada di dalamnya
atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedain dengan perangkat lunak
(software) yang menyediai instruksi untuk perangkat keras dalam selesaikan
tugas tersebut.
Berikut adalah beberapa contoh
perangkat keras komputer dan kegunaanya:
1). Keyboard
Keyboard fungsinya memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lain sesuai yang diinginkan, seperti menyimpan file
dan membuka file.
2). Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk
pindahini pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, bias juga sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3). Processor
Processor disebut juga otak dari
komputer makin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka
processor disebut sebagai inti dari komputer.
4). Motherboard
Motherboard adalah gabungan
elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat
dengan mobo.Motherboard yang banyak ditemui dam diketahui saat ini adalah
motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dasar agar dapat sesuai dengan
spesifikasi PC IBM.
5). RAM
RAM (Random Access Memory) adalah
memori utama komputer yang fungsinya untuk baca dan nulis data. Dengan adanya
RAM, kita bisa jalanin 2 aktifitas sekaligus dalam komputer, yaitu nulis dan baca
data.
6). Monitor
Monitor berupa Gambar yang tampil
adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masuk. memiliki berbagai ukuran
layar seperti sebuah televisi.
7). Harddisk
Harddisk adalah sebuah gabungan
perangkat keras yang nyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk
saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
· Manfaat Teknologi Informasi
Dukungan dalam Pembelajaran
Salah satu manfaat teknologi informasi
dan komunikasi adalah sebagai dukungan dalam pembelajaran. Seperti pembahasan
di atas, TIK diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar. Dengan ini TIK menjadi salah
satu pelajaran yang penting, karena teringat teknologi yang makin lama makin
maju. Dengan begitu orang tidak buta akan teknologi yang ada, karena sudah
diajarinn sejak kecil.
Kemudahan dalam Berkomunikasi
komunikasi jarak jauh juga
merupakan manfaat adanya TIK. Setiap orang dapat komunikasinya secara tidak
langsung dengan memakai E-Mail, komunikasi melalui chatting dengan memanfaatkan
sosial media yang ada, ataupun dengan lihat muka secara langsung melalui video call.
Dengan begitu seseorang yang ada di luar daerah atau luar negeri dapat komunikasi
dengan adanya teknologi informasi komunikasi.
Membantu Pekerjaan Manusia Lebih Mudah
Dengan menggunakan teknologi
informasi, pekerjaan manusia akan lebih mudah dan cepat. Misal saja seseorang
jaman dahulu yang membuat suatu kerjaan dengan menggunakan mesin ketik,
maka perlu waktu yang cukup lama, lain halnya sekarang udah pakai komputer dan
juga printer yang jadi sebuah pekerjaan lebih cepat dan efektif.
Perkembangan perangkat keras dan lunak
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini fungsinya sebagai media untuk masukin data
dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna untuk hasil
informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunain
personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah
unit yang saling berhubungan dengan user (pengguna) dengan komputer.
·
Peratalan input langsung, yaitu input yang masuk
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
·
Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang
harus lalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contohnya : punched card, disket, harddisk.
2. Process device (unit Pemrosesan)Power Supplay
Lower supplay sedia arus listrik untuk berbagai
peralatan CPU, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran
listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay biasanya nentuin
kwalitas kerja komputer.
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory
biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan
sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat simpan data
sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan data-data penting yg dibutuhkan
Processor cepat untuk diolah jadi informasi.
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah disebut dengan otak dari komputer.
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah tempat berbagai
komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat kata mobo.
Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu
grafis, dan perangkat keras lain saling terhubung.
3. control CPU (Central Prosesing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua fungsi operasinya, yaitu :
· ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan
· CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices,
pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage), Jika register siap
untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan ambil perintah dari
Program-storage untuk ditampung ke Instruction Register, sedangkan alamat
memori yang isinya perintah tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan
data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung
di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register).
4. PenyimpananAlat Simpan atau storage device adalah perangkat keras yang gunanya untuk simpan data. simpanan sendiri dibagi menjadi primer dan sekunder, penyimpanan primer itu adalah RAM (memory utama) yang menguap. simpanan kedua adalah simpanan permanen yang tidak menguap. Kapasitas dari penyimpanan bisa diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte dan terabyte. File dikategorikan sebagai program file atau data file yang diubah menjadi master file atau transaksi file.
- Contoh alat simpan :
Hardisk (Cakram keras) yang biasa disingkat HDD atau hard drive yang disingkat HD adalah sebuah gabungan perangkat keras yang nyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama kali oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956.
2. Flasdisk
USB Flashdisk atau yang lebih sering di sebut flashdisk adalah alat penyimpan data memori yang memiliki alat penghubung USB. Flashdisk biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa gygabyte yaitu dari 64 megabita sampai 512 gigabita.
3. Disket
Disket merupakan media Simpan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, Cuma 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
3. Output device ( Unit keluaran )
Informasi yang telah diproses oleh
komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output. Output devide
berfungsi untuk menampilkan output sebagai hasil pengolahan data. Keluaran
dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), atau berupa suara.
- Peralatan output dapat berupa :
· Hard-copy device, yaitu
alat yang untuk cetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau
film.
· Soft-copy device, yaitu
alat yang untuk memunculkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa
sinyal elektronik.
- Contoh alat output :
1. Monitor
Monitor atau
yang biasa disebut juga screen atau display adalah alat output utama dalam
sistem komputer yang berfungsi nampilin perintah, video dan informasi grafis
yang dihasil dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card) maupun
hasil pengolahan data secara langsung di dalam layar monitor.
2. Printer
Printer adalah
alat untuk mencetak hasil data. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di
pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.
3. Proyektor LCD
Proyektor LCD
adalah alat yang fungsinya nampilin objek yang dihasilkan komputer ke bidang
lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok.
4. Speaker
Speaker (
pengeras suara ) adalah alat output audio, berfungsi mengeluarkan suara dari
pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer yaitu transduser yang
mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara
sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat
kita dengar sebagai suara.
b. pemahaman komponen perangkat lunak
- evolusi perangkat lunak
Tahun-tahun pertama
-
Batch orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan
setelah data dikumpul dalam satuan waktu tertentu atau proses dilakukan setelah
data terkumpul, lawan dari batch adalah Online atau Interactive Process. Keuntungan
dari Interactive adalah dapat data yang selalu up to date.
- Limmited distribution
penyebaran softwarenya yang terbatas
pada perusahaan tertentu.
-
Custom software
Software yang dikembangin
berdasarkan keinginan perusahaan-perusahaan.
Era kedua
- Multi user
Sistem di mana satu komputer
digunain oleh beberapa user pada saat yang sama.
-
Real time
sistem yang dikumpul , analisa data
dari berbagi sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.
-
Database
Perkembangan yang pesat dari alat
penyimpanan data yang online menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (Data
Base Management System).
-
Product Software
Adalah software yang dikembangkan
untuk dijual kepada masyarakat luas.
Era Ketiga
-
Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya
dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang
juga memilki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan
dari distributed system adalah Centralized System.
-
Embedded Intelegence
Suatu product yang diberi tambahan
"Intellegence" dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir.
Contohnya adalah automobil, robot dan lain-lain
-
Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah,
ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
-
Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang
murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi
dampak yang besar terhadap masyarakat.
Era Keempat
-
Expert system
Suatu penerapan A.I. (Artificial
Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran,
komunikasi dan lain-lain,
-
AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja
dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
-
Parallel Architecture
Arsitektur
komputer yang memungkinkan proses kerja LAN pararel, yang dimungkinkan adanya
prosesor berbeda dalam satu komputer.
· Klasifikasi Perangkat Lunak ( Software)
Perangkat lunak atau
software dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu:
- Sistem Operasi (Operating System)
- Program Aplikasi (Application Programs)
- Bahasa Pemrograman(Programming Language)
- Program Bantu(Utility)
- Sisitem Operasi ( Operating System)
Sistem
opersi yaitu program yang berfungsi untuk mengendali sistem kerja yang mendasar
sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan
perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi
adalah :
- Menyimapan program dan aksesnya.
- Membagi tugas didalam CPU.
- Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
- Merekam sumber-sumbeer data.
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan menadapatkan data.
- Memeriksa kesalahan sistem.
- Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
2. Program Aplikasi (Aplicaton Programs)
Proram aplikasi adalah
perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya
program pengolah kata, pengolah lembar kerja, program presentasi, design
grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa
Pemrograman (Programing Utility)
Perangkat lunak bahasa yaitu
program yang di gunain untuk negebaca instruksi-intruksi yang ditulis dalam
bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar
di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:
- Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa ini di sebut juga bahsa mesin (Assembler),
dimana pengkodean bahasanya pakai kode angka 0 dan 1.
- Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrogramana yang mudah di
pelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya:
BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
- Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation
Language) merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek yang disebut Object
Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.
4. Program
Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang
berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan
komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,
misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan
keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag)
dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
·
Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembanganya pemrooses kata, tbel dan database saat ini telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan diberikan pada pelatihan ini . Contoh aplikasi office yaitu Microsoft Office yang terdiri atas Word Proce. yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian Real Player yang dapat digunain untuk nonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunain adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi sifatnya khusus, antara lain untuk membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).ssor (pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan Power Point (Presentasi). Hal yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk mutar musik yang formatnya MP3 atau CD Audio, kemudian Real Player yang bisa digunain untuk nonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang sifatnya khusus itu diantaranya untuk membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis. Dan aplikasi internal itu biasa dibilang juga dengan namanya inti atau otak sebuah dari sebuah berjalannya sebuah program, dengan adanya aplikasi internal ini yaitu bisa membantu proses dalam penyimpanan,atau history yang telah dijalankan sebelumnya.
Komentar
Posting Komentar