PROFESI SI / TI
PROFESI
SI / TI
a. Pengertian profesionalisme, ciri –
ciri profesionalisme, dank ode etik profesionalisme
a. PENGERTIAN
PROFESIONALISME
Profesionalisme ialah
sifat-sifat (kemampuan orang, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan
lain-lain) dimana yang wajarnya dapat dilakukan oleh seorang profesional. Jadi,
profesionalisme adalah tingkah laku, kualitas dari seorang yang profesional
b. CIRI-CIRI
PROFESIONALISME
1. Keinginan untuk selalu
menampilkan perilaku yang mendekati piawai ideal.
Seseorang yang memiliki
profesionalisme tinggi dia akan selalu berusaha mewujudkan dirinya sesuai
dengan piawai yang telah ditetapkan.
2. Meningkatkan dan memelihara imej
profesion
Profesionalisme yang tinggi
ditentuin dari besarnya keinginan untuk selalu ningkatin dan memelihara imej
profesion yang ada melalui perwujudan perilakunya sendiri.
3. Keinginan untuk sentiasa
mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan
meperbaiki kualiti pengetahuan dan keterampiannya.
4. Mengejar kualiti dan
cita-cita dalam profesion
Profesionalisme ditandai dengan
kualitas jadi dirinya akan rasa bangga profesion yang dipegangnya.
c. KODE
ETIK PROFESIONAL
Kode etik
profesi merupakan norma yang sudah ada dan ditetapkan lalu diterima oleh
sekelompok profesi, yang membawa kepada anggotanya tersebut bagaimana harusnya
berbuat dan sekaligus menjamin mutu profesi itu dilingkungan masyarakat.
Apabila
anggota itu melanggar dari apa yang sudah ada aturannya, maka kelompok profesi
itu akan termcemar di mata masyarakat. Oleh karena itu, kelompok profesi harus
mencoba nyelesain berdasarkan kekuasaannya sendiri.
b. Jenis – jenis profesi di bidang TI
c.
Jenis-jenis
Profesi Di Bidang IT
Saat ini ada banyak profesi di bidang IT
atau Teknologi Informasi. Perkembangan IT telah nyiptain bidang baru yang tidak
terlepas dari tujuan, yaitu untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala
aktifitasnya. Munculnya bidang IT yang baru juga memunculkan profesi di bidang
IT yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing. Berikut ini
merupakan aneka profesi di bidang IT yang perlu kamu ketahui jika ingin
berkecimpung di bidang pekerjaan IT atau Teknologi informasi.
1. Programmer
1. Programmer
Programmer adalah orang yang buat suatu aplikasi untuk
client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan.
Tugas:
·
Membuat program
baik aplikasi maupun system operasi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang
ada.
Kualifikasi:
·
Menguasai logika
dan algoritma pemrograman
·
Menguasai bahasa
pemrograman seperti HTML, Ajax, CSS, JavaScript, C++, VB, PHP.
2. Network Engineer
2. Network Engineer
Network Engineer adalah orang yang ahli dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
Tugas:
·
Membuat jaringan
untuk perusahaan atau instansi
·
Mengatur email,
anti spam dan virus protection
·
Mengawasi
penggunaan jaringan
Kualifikasi:
Menguasai server, workstation dan hub/switch
3. System Analyst
Menguasai server, workstation dan hub/switch
3. System Analyst
System Analyst adalah orang yang memiliki keahliannya untuk menganalisa system yang akan dicari setiap strukturnya, mulai dari menganalisa system, kelebihan dan kekurangannya.
Tugas:
·
ngembangin
perangkat lunak/software dalam tahapan requirement, design dan construction.
·
buat dokumen
requirement dan desain software sesuai jenis bisnis customer
·
ngebuay framework
untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer
Kualifikasi:
·
Menguasai keahlian
sebagai programmer
·
Menguasai metode
dan best practice pemrograman
·
Memahami arsitektur
aplikasi dan teknologi terkini
c. DESKRIPSI KERJA PROFESI IT
DESKRIPSI KERJA PROFESI IT
Di dalam dunia IT sangat banyak jenis
peluang pekerjaan yang bisa di lakukin oleh pekerja IT. Diantaranya memang
dipastikan memiliki keahlian untuk membuat program.
1. IT Support Officer
Kualifikasi :
1.
Mampu bekerja dalam individu / tim
2.
Memiliki motivasi kerja yang tinggi,
energik, dan kreatif
3.
Ulet dan pekerja keras
4.
Bertanggung jawab terhadap pekerjaan
5.
Menguasai bahasa pemrograman AS/400
atau IT product development dan networking komunikasi data atai metodologi
pengembangan aplikasi (SDLC, waterfall) dan project management
Tanggung Jawab :
1.
Menerima, ngeutamain dan menyelesaikan
permintaan bantuan IT
2.
Membeli hardware IT, software dan
hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
3.
Instalasi, perawatan dan penyediaan
dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh,
peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll
2. Network Administrator
Kualifikasi :
1.
D3 / S1 bidang Ilmu Komputer
2.
Usia 25-30 tahun
3.
Pengalaman di bidang IT Network /
Network Administrator 2-3 tahun
4.
pahami LAN, WAN, Mailserver,
PDC/BDC, Linux / Free BSD
5.
Menguasai Linux Redora Server
3.
Delphi
Programmer
Kualifikasi :
1.
S1 Teknologi Informasi
2.
Usia 22-26 tahun
3.
Mampu berbahasa inggris aktif, lisan
maupun tulisan
4.
Mengerti dan memahami SQL Command,
Oracle database, MySQL dan MSSQL Server.
5.
Mempunyai karakter dan attitude yang
baik
4. Network Engineer
Kualifikasi :
1.
S1 bidang Informatik
2.
Pengalaman kerja sebagai Network
Engineer
3.
Memiliki sertifikasi setara Network
Engineer (CCNA)
4.
Menguasai dan wajib berpengalaman minimal
1 tahun mengelola LAN
5.
Mengerti hardware (PC, Printer, Hub,
dll)
Tugas dan Tanggung Jawab:
1.
Maintenance LAN dan Koneksi Internet
2.
Maintenance hardware
3.
Maintenance database dan file
4.
Help Desk
5.
Inventory
5. IT Programmer
Kualifikasi :
1.
Lulusan S1 Teknologi Informasi
2.
Menguasai PHP, Java, OOP, MySQL, VB.
NET/C#, C+
3.
Pengalaman min 2 tahun
4.
Mampu berbahasa inggris aktif, lisan
maupun tulisan
5.
Usia 20-30 tahun
Tanggung Jawab :
1.
Ambil bagian dalam pengembangan dan
integrasi perangkat lunak
2.
Mengembangkan secara aktif kemampuan
dalam pengembangan perangkat lunak
3.
Menerima permintaan user untuk
masalah-masalah yang harus diselesaikan
d.
standar profesi di Indonesia
Standar Profesi IT di Indonesia
saat
ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat. Secara tidak langsung
dinamika di bidang ini juga ningkat dan para profesionalnya dituntut rutin
untuk ikuti aktifitas menambah ketrampilan dan pengetahuan baru.
Langkah-langkah yang telah disusun
tersebut ada beberapa pentahapan :
1.
Penyusunan kode etik profesional
Teknologi Informasi,
2.
Penyusunan klasifikasi pekerjaan
(Job) Teknologi Informasi,
3.
Penerapan mekanisme sertifikasi
untuk profesional Teknologi Informasi,
4.
Penerapan sistem akreditasi untuk
pusat pelatihan dalam upaya pengembangan profesi,
5.
Penerapan mekanisme re-sertifikasi.
Untuk
memasyarakatkan profesi TI, diperlukannya media promosi yang dapat berupa
radio, majalah, internet atau bahkan televisi. Terlebih lagi adalah penting
untuk promosi ini ke pada di dunia pendidikan, terutama bagian kurikulum karena
pendidikan dalam bidang TI harus sesuai agar cocok dengan standard yang ada.
e.
contoh – contoh sertifikasi nasional dan internasional
Sertifikasi
software dan database
development
Tiga Model Sertifikasi Profesional
1.
Dikembangkan oleh Profesional Society, sebagai contoh British
Computer Society (BCS), Australian Computer Soicety (ACS), South East Asian
Regional Computer Confederation (SEARCC)
2.
Dikeluarkan oleh Komunitas suatu profesi, sebagai
contoh Linux Profesional, SAGE (System Administration Guild), CISA(IS Auditing)
[http://www.isaca.org/]
3.
Dikeluarkan oleh vendor sebagai contoh MCSE (by
Microsoft), CCNA (Cisco), CNE (Netware), RHCE (Red Hat). Biasanya skill yang
dibutuhkan untuk memperoleh sertifikat ini sangat spesifik dan sangat
berorientasi pada suatu produk dari vendor tersebut.
Profesi yang Memerlukan Sertifikasi TI :
1. Profesional ICT (operator, administrator,
developer, engineer, specialist)
2. Akademisi ICT (trainer, lecturer, instructor
and teacher)
3. Manager dan Supervisor ICT
4. Semua pihak yang terlibat dalam pengembangan
TI dan telekomunikasi
Contoh Sertifikasi
1. Contoh Sertifikasi Nasional :
1. Contoh Sertifikasi Nasional :
Terdapat dua jenis Sertifikat yang diterbitkan
oleh LSP Telematika, yaitu Certificate of
Competence dan Certificate of Attainment.
Competence dan Certificate of Attainment.
A. Certificate of Competence
Sertifikasi ini berdasarkan level kualifikasi dan
jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapin
oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence (Sertifikat
Kompetensi) merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah lakukan uji
kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.
oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence (Sertifikat
Kompetensi) merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah lakukan uji
kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.
B. Certificate of Attainment
Sertifkasi ini atas unit kompetensi yang jenjang
jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar.
Kedua jenis sertifikat tersebut diatas disusun berdasarkan SKKNI.
Kedua jenis sertifikat tersebut diatas disusun berdasarkan SKKNI.
2. Contoh Sertifikasi Internasional :
A. Sertifikasi untuk Bahasa Pemrograman
·
Program Java → sertifikasi dari Sun : Sun
Certified Programmer, Sun Certified
Developer, dan Sun Certified Architect.
Developer, dan Sun Certified Architect.
·
Program Java Mobile → sertifikasi dari Sun : Sun
Certified Web Component Developer
(SCWCD), Sun Certified Business Component Developer (SCBCD), Sun Certified
Developer for Java Web Services (SCDJWS), dan Sun Certified Mobile Application
Developer untuk platform J2ME (SCMAD).
(SCWCD), Sun Certified Business Component Developer (SCBCD), Sun Certified
Developer for Java Web Services (SCDJWS), dan Sun Certified Mobile Application
Developer untuk platform J2ME (SCMAD).
·
Program Microsoft.NET
→ sertifikasi dari Microsoft : Microsoft Certification Application
Developer (MCAD) dan Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).
Developer (MCAD) dan Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).
2.
trend system teknologi informasi saat ini
a.
Trend
produk perbankan
Trend Produk Sistem Informasi Perbankan
Saat ini bank ritel di Indonesia memiliki produk dan
layanan:
1. Tabungan
2. Deposito
3. Giro
4. Kartu Debit
5. Kartu Kredit
6. Perdagangan Bank Notes, Valas, dsb (Trade Finance)
Trend Transaksi
Jenis
transaski sudah beragam baik menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit yang
memanfaatkan jaringan ATM atau Debit Access Transaction umumnya di Cashier yang
berlokasi di gerai, outlet tempat-tempat perbelanjaan.
Sebagai
gambaran BCA dengan 750 kantor online-nya, dilengkapi 2.100 ATM yang punya
fasilitas memadai, dapat menghandle dengan baik 8,2 juta nasabahnya.
Dengan jumlah transaksinya per hari
2,4 juta. Dari jumlah transksi tersebut rata-rata 821.000 transaski dilakukan
melalui ATM, dengan kata lain pemakaian ATM-nya sebesar 3,9 kali. Sedangkan
transaksi lainnya yang sudah lazim dilakukan meliputi:
Layanan On Line Banking
Seperti
ungkapan futurolog teknologi Nicholas Negroponte; bahwa dunia makin lama makin
digital. Hal ini ketahui dengan pesatnya perkembangan transaksi bisnis dan non-bisnis
yang makin beralih ke pemanfaatan komputer on-line. Dipicunya juga oleh
perkembangan Internet, makin meningkatnya
b.
e-commerse , e-government, dan e-resource
·
ELEKTRONIK
COMMERCE
Kemampuan
Internet untuk menjangkau pelanggan baru dan penghematan biaya yang cukup
untung untuk distribusi dan pelayanan pelanggan merupakan keunutngan tersebut
bisa didapat perusahaan dan memindahkan roda nilai comerce ke media Internet.
Metodologi tersebut ubah pola bisnis tradisional menjadi pola bisnis modern
dengan pemanfaatan Internet sebagai media bisnis yang menjadi trend saat ini.
Trend ini dikenal dengan istilah Internet Commerce yang kemudian menjadi
Elektronic Commerce (E-Commerce)
·
E-GOVERMENT
Berbeda
dengan definisi e-Commerce maupun e-Business yang cenderung universal,
e-Government sering digambarkan atau dicari secara cukup beragam oleh masing-masing
individu atau komunitas. pelaku bisnis dan lembaga-lembaga pemerintahan yang
lain.
Di sisi lain, UNDP (United Nation Development Programme) dalam suatu kesempatan mendefinisikannya secara lebih sederhana, yaitu: E-government is the application of Information and Communicat-ion Technology (ICT) by government agencies.
Di sisi lain, UNDP (United Nation Development Programme) dalam suatu kesempatan mendefinisikannya secara lebih sederhana, yaitu: E-government is the application of Information and Communicat-ion Technology (ICT) by government agencies.
Sedangkan
konsep yang diusung oleh EZ Gov, selaku konsultan dalam neerapin e-government,
memiliki pengertian penyederhanaan praktek pemerintahan dengan mempergunakan
teknologi informasi dan komunikasi, dimana dari pengertian tersebut dibagi lagi
menjadi dua pembidangan, singkatnya bahwa E – government itu adalah bank yang
diurus oleh pemerintah melalui bidang IT yang khusus.
·
E-resources
dalam definisi di atas
menunjuk pada semua bahan (koleksi) yang membutuhkan akses komputer baik secara
remote (jarak jauh) maupun secara local melalui komputer personal
(PC), mainframe, atau perangkat mobile. Hal ini menunjukkan bahwa
setiap sumber informasi atau sumber daya informasi yang aksesnya melalui
perangkat komputer, maka dapat dinamakan sebagai sumber daya elektronik atau e-resources.
Sedangkan perpustakaan digital atau digital libraries dapat
dipahami sebagai suatu sistem yang mengakomodir fungsi perpustakaan
‘tradisional’ dalam lingkungan ‘digital’ atau ‘elektronik’.
c.
social media (pilih salahm satu)
Facebook
Facebook termasuk dalam kategori
situs jejaring sosial yang menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling
berkomunikasi hingga bertukar informasi. Facebook diluncurkan pertama kali pada
tanggal 4 Februari 2004 oleh seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark
Zuckerberg. Asal mula facebook ketika Mark Zuckerberg membuat situs kontak
jodoh untuk rekan-rekannya di kampus. Mark terinspirasi dari situs Hot Or Not
menamai situs buatannya dengan nama Facemash.com. Merasa kurang puas, dirinya
membuat situs baru bernama The Facebook yang beralamat URL:
http://www.thefacebook.com. Disadur dari beberapa sumber disimpulkan bahwa
awalnya situs tersebut untuk mahasiswa Harvard saja. Namun karena peminatnya
banyak, pada bulan Maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa
kampus lain di kota Boston, Amerika Serikat seperti Stanford, Columbia, Ivy
League. Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari
salah seorang pendiri PayPal bernama Pieter Thiel. Pada bulan Mei 2005 dia
mndapa bantuan dana besar dari Accel Partners. Pada tahun 2005, facebook meluaska
jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Pada tahun 2006-2008 facebook
diakui oleh banyak perusahaan dan mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan
yang terpasang. Facebook terus berkembang dan mengalami banyak perubahan, kini
para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang berisi foto dan
informasi pribadi lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat saling berkirim
pesan, bergabung dengan satu atau lebih grup. Secara tampilan facebook berwarna
biru dengan lambang huruf “F”. Secara default, pengguna facebook mengatur
profil hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun
pengaturan ini, bisa dirubah sesuai keinginan. Pengguna facebook kini dapat
bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja,
sekolah maupun Negara. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya
dan bisa saling melihat isi profil pribadi. Fitur yang dimiliki facebook yaitu
fitur interaksi antar sesama pengguna yang disebut fitur Wall (dinding) yaitu
ruang tempat dimana para pengguna mengirimkan pesan terbuka. Fitur Foke (colek)
yang merupakan sarana untuk mencolek secara virtual. Bahkan untuk saat ini
facebook banyak digunakan untuk melalukan peluang dalam dunia bisnis dan Karena
fb ini dapat melalukanchat,maka proses peluanglah terjadi.
Komentar
Posting Komentar