TREND SIST / TI MASA DEPAN
TREND SIST / TI MASA
DEPAN
API (Application Programming Interface)
adalah kumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunain oleh
programmer saat membuat perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API
adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunain program aplikasi untuk
berkomunikasi dengan system operasi seperti system manajemen database (DBMS)
atau komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi panggilan
atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang diperlukan untuk
meminta layanan program.
Keuntungan memprogram
dengan menggunakan API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang gunain API dapat
menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asal sudah ter- install
API-nya. Sedangkan system call beda antar sistem operasi, dengan catatan dalam
implementasiinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.
PEMASARAN DIMENSI
Untuk memahami sistem informasi, harus memahami organisasi,
manajemen, dan dimensi teknologi informasi dari sistem lebih luas dan
kekuasaannya untuk memberikan solusi terhadap tantangan dan masalah dalam area
bisnis. Dilihat pemahaman yang lebih
luas tentang sistem informasi, yang meliputi pemahaman tentang dimensi
manajemen dan organisasi dari sistem serta dimensi sistem teknis, sebagai
literasi sistem informasi. Literasi komputer, sebaliknya berfokus terutama pada
pengetahuan tentang teknologi informasi.
SISTEM
INFORMASI ADALAH LEBIH DARI SEBUAH KOMPUTER
Organisasi
Organisasi memiliki strukturnya yang
terdiri dari berbagai tingkat dan spesialisasi. Struktur mengungkapkan
pembagian kerja yang jelas. Wewenang dan tanggung jawab dalam bisnis perusahaan
sebagai hirarki, atau struktur piramida.
LEVEL
DI PERUSAHAAN
Para ahli dipekerjakan dan dilatih untuk bisnis yang
berbeda. Fungsi bisnis utama, atau tugas-tugas khusus yang dilakuin oleh bisnis
organisasi, terdiri dari penjualan dan pemasaran, manufaktur dan produksi, keuangan
dan akuntansi, dan sumber daya manusia (lihat Tabel 1).
FUNGSI
BISNIS UTAMA
Sebuah organisasi pekerjaan melalui hirarki dan melalui
proses bisnis, yang merupakan tugas secara logis terkait dan perilaku untuk
mencapai kerja. Kembangin produk baru, memenuhi pesanan, dan mempekerjakan
karyawan baru adalah contoh dari proses bisnis.
Manajemen
Tugas manajemen adalah memberikan masukan dari situasi yang
dihadapi oleh organisasi, membuat keputusan, dan merumuskan rencana tindakan
untuk memecahkan masalah organisasional.
Teknologi Informasi
Teknologi informasi merupakan salah satu alat yang digunain
manajer untuk mengatasi perubahan. Perangkat keras komputer adalah peralatan
fisik yang digunain untuk input, proses, dan output dalam suatu sistem
informasi. Ini terdiri dari: komputer dari berbagai ukuran dan bentuk (termasuk
perangkat genggam ponsel), berbagai masukan, output, dan perangkat penyimpanan,
dan perangkat telekomunikasi yang terhubung secara bersama-sama .
ROBOT
MANUSIA
Robot humanoid merupakan alat mekanik yang struktur bentuknya mirip dengan tubuh manusia. Alat ini dibuat dan terus dikembangin dari tahun ke tahun dan difungsiin sebagai objek penelitian pada beberapa bidang ilmu. ini perlu diketahui struktur dan pola gerak manusia, namun alat ini juga memiliki fungsi lain yaitu dikembangin dengan tujuan agar bisa berinteraksi dengan manusia.
Perkembangan
dunia robot terus melaju dan melahirkan inovasi-inovasi baru, tidak hanya
muncul pada film-film fiksi ilmiah alat mekanik ini kini sudah diproduksi dan jadi
bagian dari industri teknologi. Ada beberapa jenis yang umum dikenal, pertama jenis
yang memiliki roda sebagai penggerak. Biasanya fungsinya mindahin suatu barang
ke barang lain dan sering disebut sebagai robot mobile.
PEKERJA
TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MASA DEPAN DAMPAK POSITIF KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Perkembangan
teknologi juga dapat bisa jadi dampak positif dan dampak negatif, hal ini dilihat
dari berbagai bidang yaitu:
1)
Bidang politik
·
Timbulnya
kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan
mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya
hidup mereka sudah tidak beda dengan kelas menengah di negara-negera Barat.
·
Proses
regenerasi kepemimpinan.Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini
akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas
kebebasan dan persamaan semakin kental.
2)
Bidang Informasi dan komunikasi
·
Kita
akan lebih cepat ngedapetin informasi-informasi yang akurat dan terbaru di
bumi bagian manapun melalui internet.
·
Kita
mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
3)
Bidang Ekonomi dan Industri
·
Pertumbuhan
ekonomi yang semakin tinggi
·
Terjadinya
industrialisasi.
·
Produktifitas
dunia industri semakin meningkat
4) Bidang Sosial dan Budaya
·
Bedanya
kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin
besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia
pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
·
Tekanan,
kompetisi yang tajam di pelajari aspek kehidupan sebagai konsekuensi
globalisasi, akan melahirin generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
5)
Bidang Pendidikan
·
Munculnya
media massa, khususnya di elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan
·
Sistem
pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
CONTOH KASUS :
Dampak teknologi dan ilmu alamiah terhadap kelangsungan
hidup manusia hampir semua aspek kehidupan Contohnya : Sandang, Papan dan
Pangan, Teknologi dan ilmu alamiah tidak hanya ningkatin kualitas tetapi juga
kuantitas sandang dan papan, sementara untuk pangan teknologi dan ilmu alamiah
dapat meningkatkan produksi dengan diciptain Bibit Unggul yang berumur singkat
dengan produksi yang tinggi, terhadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan
sumbangan dalam mencari alternatif lain, pengganti sumber energi, yang semakin
terbatas jumlanya.
Di semua bidang Industri, teknologi dan ilmu alamiah
memiliki peran yang sangat besar meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak
dampak negatif yang ditimbulkannya.
Dalam bidang kesehatan pun teknologi sudah sangat bantu
dalam menyembuhkan, mengobati bahkan mencegah berkembangnya suatu penyakit
sementara itu, dampak negatifnya dapat berupa penyempitan lapangan pekerjaan
merusak lingkungan, terutama untuk teknologi Nuklir atau teknologi yang
menggunakan zat Radioaktif serta juga menimbulkan beberapa penyakit baru yang
sulit diobati dan berbahaya.
Ilmu alamiah dan teknologi memiliki banyak dampak positif
maupun negatif bagi kelangsungan hidup manusia. Beberapa dampak positifnya
adalah maningkatkan kemakmuran, misalnya dengan teknologi modern dapat
diperoleh bahan dasar untuk keperluan industri, mendapatkan bibit unggul
memangaatkan hutan sesuai dengan jenis dan fungsinya, Mempermudah menghitung,
berkomunikasi, transportasi dan sebagainya.
Contoh
kasus dampak positif teknologi adalah sebagai media komunikasi, merupakan
fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet
dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia.
Contoh
kasus dampak negatif teknologi adalah salah satunya penipuan, hacking,
perjudian, parnografi, carding dan lain-lain.
TREND SIS / TI DALAM BIDANG BISNIS
TUJUAN BISNIS
Pengertian
bisnis
Bisnis
adalah usaha perdagangan yang dilakuin oleh sekelompok orang yang terorganisasi
untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhan konsumen .
Usahawan atau
pelaku bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1.
Sumber daya Materi
2.
Sumber daya Manusia
3.
Sumber daya Keuangan
4.
Sumber daya Informasi
Perusahaan barsifat dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
Tujuan Bisnis
Setiap
bisnis atau perusahaan berusaha ngolah bahan untuk dijadiin produk yang
dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuannya adalah
unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari
penyediaan suatu produk bagi konsumen.
TEKNOLOLOGI INFORMASI DAN DUNIA BISNIS
Seiring dengan
kemajuan teknologi, hal tersebut banyak manfaat yang sangat berguna bagi
kemajuan dan kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang
kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut
ini adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang bisnis :
- Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
- Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet.
- Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakuin. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
- Mengurangi biaya produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi dapat bantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya.
PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS, KONTRAK KERJA, DAN PROSEDUR PENGADAAN
1. Tahapan pengurusan izin pendirian
2. Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
3. Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
4. Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Kontrak Kerja
Kontrak kerja adalah suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara
lisan dan/atau tulisan, baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak
tertentu yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban.
Prosedur Pengadaan
Prosedur
pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan
barang dan jasa.
A. Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
- Perencanaan Tenaga Kerja.
Perencanaan tenaga kerja
adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara
memenuhinya.
2.
Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan tenaga kerja
diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber
internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan
nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik,
dan sebagainya
3.
Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan dalam
menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan
psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
APLIKASI BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
ASPEK PEMASARAN
- Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk jalanin bisnis
(profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa,
netapin harga, mendistribusikan, serta promosiin melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
- Analisis situasi pasar
- Perencanaan Barang (Product)
Atribut – atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi
manfaat utama produksi sehingga mampu lebih memuaskan konsumen.
2. Penetapan Harga (Price)
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi
konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatain dalam satuan moneter
(rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
- Program Promosi (Promotion)
Promosi adalah pesan yang dipromosiin langsung kepada calon
pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
- Saluran Distribusi (Place)
Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai
usaha adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai usaha.
- Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah proses membagi – bagi pasar yang
semula heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang sikapnya lebih
seragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang
mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.
- Strategi promosi
Promosi adalah pesan yang dibicarakan langsung kepada calon pembeli melalui berbagai
unsur yang terdapat dalam program promosi. Kegiatan promosi dapat berupa :
- Iklan (menginformasikan produk pada masyarakat)
- Penjualan langsung (langsung ke konsumen)
- Promosi penjualan (untuk membeli lebih banyak produk)
- Hubungan masyarakat (citra baik tentang produk
- Publikasi (promosi gratis)
PROSES DAN STRATEGI PENGEMBANGAN
BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
A. Dasar Perencanaan
Proses perencanaan dapat dilaksanakan
menyeluruh, misalnya dalam perencanaan korporat, perencanaan strategis, atau
perencanaan jangka panjang. Bisa juga dilakukan per divisi atau unit bisnis
stategis menjadi rencana divisi atau anak perusahaan tertentu di dalam suatu
korporasi yang lebih besar.
B. Tantangan
Implementasi
Pada bahasan ini, kita
membahas mengenai tantangan implementasi
bisnis kepada pengembangan system. Kata implementasi bermuara pada aktivitas,
adanya aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem.
Masalah yang
dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya adalah sebagai berikut :
1. Pengguna
tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunain untuk bantu proses
bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa developer juga
tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung atau juga karena
standard dari developer yang kurang dalam membuat program sehingga program yang
dihasilin adalah program yang baik.
2. Kedua belah
pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan yang ada dalam system dan bisnis
proses, sehingga pada tahap implementasi jika ada bagian dari proses bisnis
yang belum di cover oleh system dan kemudian dibuatkan fungsi baru yang
ternyata menimbulkan masalah.
3. Dalam
implementasi system terintegrasi, dimana pengguna tidak dapat menjadikan
implementasi sebagai prioritas pertama, dimana pengguna yang sudah disibukkan
dengan kegiatan operasional akan berpura-pura menyetujui, menjalankan dan
mengikutinya tetapi pada kenyataannya semuanya tidak berjalan sesuai dengan
harapan. Akan membutuhkan CETL yang lama jika dijadikan sebagai resource untuk
aplikasi BI.
C. Pengembangan
Sistem Bisnis
Sistem Informasi
adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas orang/user, yang
menggunakan teknologi itu, untuk mendukung operasi dan manajemen. Jadi, bisa
dipastiin bahwa semua perusahaan butuh. Nah, ketika kita membicarakan
perusahaan, maka kita akan berbicara juga mengenai profit. Dan manakala kita
membicarakan profit, otomatis kita pasti akan juga membicarakan manajemen.
Karena dengan manajemen yang baik, pastinya akan menghasilkan profit yang baik
juga. Itulah peluang yang sangat besar jika kita mulai melihat Pengembangan
Sistem Informasi sebagai proyek bisnis kita kelak.
ATURAN E-BUSSINESS PADA BISNIS
·
Komunikasi adanya
fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan,
transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan
perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
·
Komersial adanya sistem
yang melaksanain transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan
barang, pembayaran dan pengiriman barang.
·
Proses bisnis Setiap pelaku
e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat
semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis
internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi,
transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi
menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan
secara tradisional.
·
Layanan Bagi setiap
institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan
internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih
ekonomis, dan lebih terjangkau.
·
Learning Untuk
meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses
edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari
manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
nice artical, heheh
BalasHapus