Tulisan Audit teknologi SI COBIT



COBIT
Control Objectives for Information and Related Technology atau COBIT adalah proses yang sedang dikembangkan oleh IT Governance Institute (ITGI) yang merupakan bagian dari Information System Audit and Control Association (ISACA) untuk membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya teknologi informasi.

Tujuan utama yang diharapkan dari adanya COBIT yaitu agar perusahaan mampu meningkatkan nilai tambah dalam bidang IT dan dapat mengurangi risiko-risiko inheren yang ada didalamnya.

Alasan mengapa memilih COBIT sebagai framework adalah diliat dari segi umumnya COBIT mempunyai komponen atau bagaian bagiannya, yaitu pada COBIT 1 berfocus pada sistem auditnya, kemudian pada COBIT 2 berfokus pada bidang kontrolling ( teknologi mesinnya), COBIT 3 berfokus pada bidang management dari audit sampai teknologi yang ada, COBIT 4 berfokus pada sudah masuk ke area publicnya, yaitu menjaga teknologi yang ada diatas pemerintahan dan COBIT 5 sudah memasuki ke tahap bagaimana menata teknologi yang baik pada suatu perusahannya. Serta dengan framework ini mempunyai adanya komponen dan pengendalian , baik pengendalian secara internal maupun eksternal terlebih lagi pada tujuannya mereka pengedaliakan secara internal yaitu adanya selalu ketersediaan informasi serta pelaporan keuangan dan monitoring agar kualitas pemenuhan dan syarat pengendalian tetap terjaga. Kedepannya framework ini akan sangat berguna bagi perusahaan.

Komentar

Postingan Populer